Pages

Report Text



   

   
   Hay kalian bertemu lagi nih sama aku, bertemunya juga kapan? Udah-udah kita lupakan saja. Disini aku akan menjelaskan seputar materi bahasa Inggris yang berjudul ‘Report Text’ . apakah kalian tahu apa itu report text? Report text adalah teks yang berupa laporan. Nah pasti kalian sering kali mendengar bahwa report text dan descriptive text itu sama, sebenarnya pernyataan itu kurang tepat memang pada report text dan descriptive text itu sedikit memiliki kesamaan nya . maka dengan itu aku akan menjelaskan tentang Report Text.

PENGERTIAN

“ A report text is a type of text that announce the result of an investigation or announce something. The information given in a report text is very general information.”

   Report Text adalah jenis teks yang berisi tentang pengumuman hasil penyelidikan atau informasi sesuatu yang bersifat umum seperti benda,manusia,tumbuhan,hewan,dan lain-lain.
   Perbedaan report text dengan descriptive text  dapat dilihat dari sesuatu yang digambarkannya bersifat umum atau khusus. Jika text nya menjelaskan sesuatu yang bersifat umum maka disebut report text dan jika textnya menjelaskan sesuatu yang bersifat khusus maka disebut descriptive text.

TUJUAN

“Social function of report text is to present information about something generally to the reader.”

   Tujuan dari report text adalah untuk menyajikan informasi kepada pembaca tentang sesuatu yang bersifat umum.

GENERIC STRUCTURE

  • General classification : telling/starting the general clssification.
          Jadi,general classification berisi pernyataan umum tentang subject yang dibahas.
  • Description : tell about the detail information.
          Jadi, description merupakan gambaran secara detail atau menyeluruh mengenai subject yang dibahas pada bagian general classification.

LANGUAGE FEATURE

Setiap text pasti akan memiliki ciri bahasa yang berbeda-beda contohnya seperti narrative text dengan analitical exposition text dimana narrative text menggunakan simple past sedangkan analitical exposition text menggunakan simple present. Lalu bagaimana dengan report text? Jawaban nya akan aku akan bahas (sabar ya :) ) . beberapa ciri bahasa atau dalam bahasa inggrisnya lenguage feature, sebagai berikut:

  • Use of general nouns : suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat umum.
  • Use of relating verbs/linking verbs : seperti to be(is,am,are:present),seem,look,taste, dan lain sebagainya.
  • Use of timeless present tense : salah satu penanda waktu dalam simple present seperti (often,usually,always).
  • Use of technical terms : istilah-istilah yang meliputi teks report tersebut. Contoh nya lingkungan hidup maka, istilah-istilah lingkungan harus ada.
Nah jadi kalian mengetahuinya kan bahwa report text menggunakan simple present.

CONTOH REPORT TEXT
Cats

Cats also called the domestic cat or house cat (with its scientific name: Felis silvestris catus or Felis catus) is a type of carnivorous mammal of the family Felidae. The word "cat" generally refers to a "cat" that has been tamed, but can also refer to the "big cats" such as lions and tigers.

Cats are considered as "perfect carnivore" with teeth and particular digestive tract. The first premolar and molar teeth form a pair of fangs on each side of the mouth that works effectively as a pair of scissors to tear the meat. Although these features also exist in the Canidae or dog, but these traits are better developed in cats. Unlike other carnivores, cats eat almost non vegetable substance. Bears and dogs sometimes eat berries, roots, or honey as a supplement, while cats only eat meat, usually freshly killed prey. In captivity, cats can not adapt to a vegetarian diet because they can not synthesize all the amino acids they need from plant material; it is in contrast with domesticated dogs, which commonly are fed a mixture of meat and vegetables and sometimes it can adapt to a completely vegetarian meal.

Cats have mingled with human life since at least 6000 BC, from the skeleton of the cat found on the island of Cyprus. The ancient Egyptians of 3500 BC have used cats to keep away the rats or other rodents from the barn where the crops were saved.Currently, the cat is one of the most popular pet in the world. Cats that his lines are recorded officially as a cat breeds or pure breed are Persian, Siamese, Manx, and the sphinx. These kinds of cat are usually bred in official captivity animal. The number of purebred cat is only 1% of all cats in the world; the rest is a cat with mixed ancestry such as wild cats or domestic cats.

Kucing

Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis catus) adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa dan harimau.

Kucing dianggap sebagai "karnivora yang sempurna" dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri ini juga terdapat pada famili Canidae atau anjing, tapi ciri ini berkembang lebih baik pada kucing. Tidak seperti karnivora lain, kucing hampir tidak makan apapun yang mengandung tumbuhan. Beruang dan anjing kadang memakan buah, akar, atau madu sebagai suplemen, sementara kucing hanya memakan daging, biasanya buruan segar. Dalam penangkaran, kucing tidak dapat diadaptasikan dengan makanan vegetarian karena mereka tidak dapat mensintesis semua asam-asam amino yang mereka butuhkan hanya dengan memakan tumbuhan; berbeda dengan anjing peliharaan, yang sering diberi makan produk campuran daging dan sayuran dan kadang dapat beradaptasi dengan makanan vegetarian secara total.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung di mana hasil panen disimpan.
Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Unknown

Sebuah kelompok belajar dari XI-4 SMAN 1 Ciawi.Kami selalu berusaha menyajikan materi pelajaran Bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar